Skip to content
Home » Maarif Institute Kolaborasi dengan MI ASM dalam Mensyukuri Dua Dekade Maarif Institute

Maarif Institute Kolaborasi dengan MI ASM dalam Mensyukuri Dua Dekade Maarif Institute

  • by

Pada Bulan Ramadan 1443 Hijriah bertepatan dengan dua deade Maarif Institute. Maarif Institut sebagai lembaga yang sudah masuk usia 20 tahun berkomitmen dalam mengawal dan memperkuat kebhinekaan Indonesia di tengah hantaman dan krisis berupa intoleransi, diskriminasi, ekstremisme dan konflik komunal.  Nilai-nilai toleransi harus diarus utamakan bagi semua kaalangan apalagi kalangan muda untuk itu Maarif Institute berkolaborasi dengan Madrasah Intelektual Ahmad Syafii Maarif (MIASM), DPD IMM Sulut, Prodi Sosiologi Agama, Fakultas Seni dan Ilmu Sosial Keagamaan IAKN Manado dan IAIN Manado untuk menggelar acara Tadarus Ramadan Mensyukuri  Dua Dekade Maarif Institute yang dibingkai dengan kegiatan diskusi secara online.

Kegiatan diskusi yang dilaksanakan sejumlah dua kali yakni diskusi pertama pada 05 April 2023 dan diskusi kedua pada 12 April 2023. Diskusi pertama mengangkat tema: Buya Syafii dalam Pandangan Tokoh Agama, Tokoh Budaya, dan Kelompok Minoritas Sulawesi Utara. Yang menjadi narasumber dalam kegiatan 05 April 2023 ini adalah Denni Pinontoan (Dosen Sosiologi  Agama IAKN Manado), Amato Assagaf (Imam Besar Padepokan Puisi Amato Assagaf) dan Mln. Hafiz Ahmad Mutu (Jemaat Ahmadiyah Indonesia-Manado) sedangkan yang menjadi moderator adalah Nurfadillah (Dosen Universitas Sawerigading Makassar).

Sementara itu pada diskusi Rabu 12 April 2023, yang menjadi narasumber dalam kegiatan ini adalah Lidya Kandowangko (Dosen Sosiologi Agama IAKN Manado), Rohit Mahatir Manese (IMM Sulut dan MIASM) dan Nadine Sulu (AMAN/ Mahasiswa Sosiologi Agama), sedangkan yang menjadi moderator adalah Deni Murdiani (Staff Program Maarif Institute). Dalam sambutan pembukaan, yang disampaikan oleh Moh. Shofan (Direktur Program Maarif Institute) menyatakan bahwa kegiatan Tadarus Ramadan pada tahun ini,  untuk mensyukuri dua decade Maarif Institute dan kegiatan ini bertujuan untuk mempopulerkan gagasan keislaman, kebangsaan dan kemanusiaan Buya Syafii Maarif, khususnya pada generasi millennial di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan secara online melalui aplikasi zoom meeting dan terbuka untuk umum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *